Sosialisasi Safety Riding di Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah Bojonegoro

sosialisasi safety riding1

Sosialisasi Safety Riding: Sebagai Langkah Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Berkendara

NEWS AL-FATIMAH; Dalam mendukung keselamatan berkendara, SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kota Bojonegoro Satlantas Polres Bojonegoro menggelar kegiatan Police Goes to School di Pondok Pesantren Modern Al-Fatimah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi safety riding (keselamatan berkendara) kepada para pelajar khususnya di kota Bojonegoro.

Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini diharapkan mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya. Berdasarkan data statistik di tahun 2022, saat ini tingkat kecelakaan lalu lintas masih banyak didominasi oleh kalangan usia produktif khususnya pada rentang usia 12 sampai 20 tahun. Untuk itu Satlantas Polres Bojonegoro bekerja sama dalam mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar melalui program Police Goes To School.

Langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor, dengan harapan siswa-siswi tersebut bisa berkendara dengan aman dan selamat.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi hari Sabtu, 27 Mei 2023. Selain memberikan sosialisasi dan edukasi safety riding juga memberikan edukasi tentang pajak kendaraan bermotor. Diharapkan dengan meningkatnya pembayaran pajak kendaraan ini akan memberikan kontribusi kepada kabupaten/kota yang cukup signifikan. Jadi, semakin tinggi realisasi penerimaan pajak maka semakin banyak pula hasil pembangunan.

Baca Juga:

Kegiatan ini juga mengajak dan mengedukasi pelajar untuk tertib berlalu lintas, siswa yang menggunakan sepeda motor untuk melengkapi kelengkapan pribadi seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), SIM (Surat Izin Mengemudi) dan Helm SNI (Standar Nasional Indonesia), bagi yang belum memiliki SIM untuk tidak membawa sepeda motor karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Kemudian, dijelaskan pula kelengkapan kendaraan bermotor sesuai standar pabrik dan menekankan tidak menggunakan knalpot Brong. Pada kesempatan ini, beberapa anggota POLRI juga memperagakan teknik pengereman dengan benar.

Bagikan Artikel Ini :

Related posts

Leave a Comment